Jumat, 18 Januari 2013

Pengertian Asma Abdul Jabbar

 Pengertian
             
                  Pengertian asma berasal dari bahasa arab, yang artinya nama. Secara bahasa, kata tersebut merupakan kalimat jamak dari kata ismun. Jadi dalam pelajaran asma ini kita belajar bebrapa nama atau banyak nama.
                  Asma atau nama adalah ilmu pertama kali yang di ajarkan oleh Allah SWT kepada Nabi Adam AS. Hal ini dapat kita lihat pada firman Allah QS, Al-Baqarah ayat 31 : WA'ALLAMA AADAMA ASMAA KULLAHA TSUMA 'ARODOHUM 'ALAL MALAIKATI FA QOOLA 'AMBIUNI BI ASMA,I HAULA IN KUMTUM SHOODIQIN. yang artinya ( Dan dia (Allah) mengajarakan kepada Adam nama nama benda seluruh nyayang baik dan yang buruk kemudian mengemukakannya kepada para malaikat . lalu berfirman '' sebutkan lah kepadaku nama - nama benda itu jika kamu memang orang - orang yang benar).
                  Nama terbagi menjadi dua, yaitu nama yang baik dan nama yang buruk. Contoh nama yang baik dapat kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya : adil, dermawan, jujur dsb. Sedangkan nama yang buruk misal nya kikir, pendusta, pencuri dsb. Semua nama-nama tersebut merupakan atas diri kita dan tentu saja atas tingkah laku yang kita kerjakan. Setiap nama ada zat dan fungsi. Contoh nya yang kita ambil adalah gelas, Namanya gelas untuk sebutan orang indonesia zat nya kelihatan ada yang terbuat dari beling, plastik dan sebagainya. kemudian apakah fungsinya? Fungsinya tergantung kepada seseorang tersebut yang menggunakan nya.
                   Sebagai hukama (yaitu utama yang arif tentang keagungan dan kebesaran Allah dan tahu tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan ketuhanan) mengatakan bahwa: MAN THAWAHHAMA ANNAALAHU WALIYYAN AULA MINALLAHI QOLAT MA'RIFATUHU BILAHI WA MAN THAHHAMA ANNALAHU 'ADUWWAN A'DA MINNAFSIHI QOLAT MA'RIFATUHU BINAFSIHI. yang artinya ( siapa yang mengira bahwa ia memiliki penolong utama dari pada Allah, berarti ia belum mengenal Tuhannya dengan baik. Dan barang siapa yang mengira ia mempunyai musuh yang lebih hebat dari dirinya, maka berarti ia belum mengenal diri

                                                         PESAN DAN KESAN  
                                                   
                                                SATU HILANG DUA TEBILANG                                                        

1. Dan Allah akan menggantikan yang lebih baik lagi dan menambahkan pengetahuan yang lebih luas lagi dan bertambah kesabaran di dalam menghadapi masalah-masalah senang maupun susah. terus dan terus lagi tiada batas seperti matahari tiada hentinya tetap besar menjadi kecil dari kecil menjadi besar, itulah yang di rasakan kepada orang yang mengerti, tiada hari, detak jam, tanpa kesan ingat Allah, lalu ucap selalu baik dan manfaat bagi pribadi, keluarga dan masyarakat sekitar kita dan berdoa untuk orang lain dan keselamatan orang banyak.

 2. Bersyukur bagi orang yang masih mengamalkan dan mengingat bacaan nya walaupun tidak pernah bertemu karena keberhasilannya, itu semata kehendak Allah SWT dan usaha yang di berikan ikhlas dari kesadaran yang tinggi dan tanggung jawab kita, mudah-mudahan kita semua termasuk orang-orang yang mendapat ke-Ridhoan dari Allah SWT.    mp3take

Tidak ada komentar: